Inilah Alasan Xiamo Laris Dipasaran

Smartphone Review - Selama ini, jika menyebut produsen perangkat bergerak asal Cina, merek yang paling dikenal adalah HTC, Huawei, atau Lenovo. Namun ada satu produsen yang kini banyak diperbincangkan, yaitu Xiaomi. Merek ini bahkan dijuluki sebagai Apple dari Cina yang siap menghadang pemain lama di industri teknologi.
Di negara asalnya, kesuksesan Xiaomi tidak diragukan lagi. Namanya kini mulai dikenal di Taiwan, Hong Kong, Singapura, Malaysia, dan India. Produk andalan Xiaomi adalah telepon pintar Mi 4 dan sabak digital (tablet) Mi Pad. Nah, berikut ini lima alasan mengapa Xiaomi layak disebut sebagai pemain besar di industri gadget.

1. Produk berkualitas
Tidak bisa disangkal, Xiaomi menawarkan produk berkualitas. Salah satu contohnya adalah Redmi Note yang dibekali oleh prosesor octa-core berkecepatan tinggi. Selain gadget, produk lainnya adalah router dan televisi ultra high-definition (UHD) yang laris manis di Negeri Tirai Bambu.

2. Harga terjangkau
Meskipun menghadirkan produk berkualitas, Xiaomi memasarkannya dengan harga yang cukup menarik. Ponsel pintar premium andalannya, Xiaomi Mi 4 dibanderol mulai Rp 3,7 juta. Jauh lebih terjangkau dibandingkan produk keluaran Apple, Samsung, atau LG yang harganya di atas Rp 7 juta. (Baca juga: Pengapalan Ponsel Xiaomi Tahun Ini Meroket)

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya, mengapa Xiaomi menjual produk dengan spesifikasinya tinggi, namun harganya terjangkau. "Bisnis model Xiaomi sangat sederhana dengan menjual sesuai biaya produksi," tulis situs CNET, Senin, 4 Agustus 2014. Profit akan diperoleh ketika terjadi penurunan biaya produksi. 

3. Basis penggemar ‘Mi Fans’
Seperti halnya Apple dengan basis penggemar yang dikenal dengan nama Fanboy, Xiaomi pun memilikinya dengan nama Mi Fans. Mereka secara reguler menyelenggarakan pertemuan dan menghadiri peluncuran produk Xiaomi di Cina. Saat ini Mi Fans dari luar Cina pun semakin banyak. 

4. MIUI
Sistem operasi yang merupakan modifikasi dari Android ini merupakan keunggulan Xiaomi dari sisi peranti lunak. MIUI menghadirkan sejumlah fitur yang tidak ditemui di Android atau iOS, salah satunya adalah gesture dan pengaturan tema. 

MUI mengizinkan Xiaomi agar penggunanya dapat mencoba di perangkat lain. Jika ingin menggunakan MIUI di merek lain, Anda cukup mengunduhnya. 

5. Hugo Barra
Xiaomi tidak lepas dari peran Vice President Hugo Barra. Dia sukses membawa Xiaomi menghadapi media massa dari negara berbahasa Inggris. Pengalaman Barra yang sebelumnya menjabat sebagai eksekutif Google dianggap menjadi faktor kesukesan Xiaomi.

Pria asal Brasil ini ingin agar Xiaomi mengubah perspektif mengenai merek asal Cina. Menurut dia, masih banyak orang yang belum mengenal produk asal Cina. "Mereka hanya membaca sepintas tentang Xiaomi tanpa mengenalnya lebih detail," kata Barra.
Previous
Next Post »

Silahkan isikan komentar Anda, Mohon tidak memberikan komentar dengan kata-kata yang tidak sopan, apabila kedapatan menuliskan komentar tidak sopan, maka komentar akan di hapus ConversionConversion EmoticonEmoticon